Rabu, 22 April 2009

VISI, MISI DAN STRATEGI GERAKAN PRAMUKA

Oleh : Mulus Jayakusumah, S.Pd, MG

Perjalanan hidup manusia baik perorangan maupun secara berkelompok selalu mengharapkan adanya perubahan yang akan membawanya kea rah yang lebih baik di masa yang akan dating.
Manusia selalu ingin berprestasi, berkembamg dan meningkat dalam mencari penghidupan dan kehidupannya. Tak ada yang kekal di dunia ini sewlain daripada perubahan karena memang “perubahan” itu sendiri adalah “kekekalan”.
Untuk memperoleh perubahan manusia memerlukan pandangan jauh ke depan, harus memiliki cita-cita, kehendak, tujuan atau keinginan. Walaupunm keinginan atau cita-citanya itu terkadang merupakan sesuatu hal yang mustahil bias dicapai. Hal ini diibaratkan sebagai “suatu pengembaraan menuju bintang di kaki langit” yang senantiasa dijadikan arah perjalanan seorang kholifah, meskipun disadari tidak akan pernah dicapai..
Cita-cita, kehendak, tujuan atau keinginan inilah yang kita sebut dengan istilah visi.
Dalam kamus bahasa visi asal kata vision, sebagai kata benda berarti penglihatan, khayalan atau impian dan sebagai kata kerjanya berarti melihat dalam impian.
Dengan demikian visi dan penglihatan dapat diartikan memiliki pengertian yang sama yakni melihat jauh ke depan, tetapi berbeda dalam penggunaan alat dria Penglihatn melihat jauh ke depan dengan menggunakan indera mata, sedngkan visi melihat jauh ke depan dengan menggunakan akal pikiran. Mata dan penglihatannya melihat benda-benda yang konkrit (nyata) sedangkan visi melihat hal-hal yang sifatnya abstrak (maya, samara) yang hanya merupakan angan-angan saja (imajinasi). Namun dari imajinasi itu sendiri diharapkan kemungkinan terjadinya sesuatu yang nyata yang nantinya dapat dirasakan manfaatnya dalam kehidupan, dengan dimilikinya tujuan dasar ini dimungkinkan terjadinya motivasi yang kuat untuk mampu berusaha secara terus-menerus dan berkesinambungan untuk bias berhasil.
Visi merupakan tujuan dasar untuk mencapai apa yang dicita-citakan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Visi biasanya dibahas dalam rangka keperluan perencanaan atau manajemen suatu organisasi. Visi dan organisasi selalu mengandung pengertian yang kompleks dan abstrak. Organisasi merupakan alat untuk mencapai tujuan masyarakat sedangkan visi merupakan arah yang hartus ditempuh.
Membahas visi dalam konteks suatu organisasi memrlukan batasan-batasan yang jelas.
Telah dipaparkan di atas bahwa visi dan organisasi mengandung pengertian yang kompleks dan abstrak. Visi merupakan impian atau angan-angan yang ingin dicapai yang belum memiliki kepastian akan keberhasilannya.
Masyarakat umumpun belum tentu dapat dan memahami sepenuhnya tentang apa yang ingin dicapai. Oleh karenanyaperlu adanya penjabaran dari visi tersebut ke dalam bentuk tulisan yang dikenal dengan “Mission Statement” atai “pernyataan Misi”.
Gerakan Pramuka memiliki cita-cita untuk membentuk manusia Indonesia menjadi pemimpin bangsa yang bertanggungjawab sekaligus sebagai kader pembangunan yang bermoral Pancasila, melslui pedidikan dan pembinaan kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental. Moral, spiritual, emosional, social, intelektual dan fisiknya sehingga menjadi :
a. manusia berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur yang :
1) beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat mental, emosiopnal dan tinggi moral.
2) Tinggi kecerdasan dan mutu keterampilannya.
3) Kuat dan sehat jasmaninya
b. Warga Negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan Negara, memiliki kepedulian terhadap sesame hidup dan alam lingkungan, baik local,nasional maupunj internasional.
Gerakan Pramuka mempunyai tugs pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik, melalui upaya dan usaha :
a. Menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilanm dan pengalaman melalui kegiatan :
1) keagamaan, untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menurut agama masing-masing.
2) Kerukunan hidup beragama antar umat seagama dan antara pemeluk agama yang satu dengan pemeluk agama lainnya.
3) Penghayatan dan pengamalan Pancasila untuk memantapkan jiwa Pancasila dan mempertebal kesadaran sebagai warga Negara yang bertanggungjawab terhadap kehidupan dan masa depan bangsa dan Negara.
4) Kepedulian terhadap sesame hidup dan alam seisinya.
5) Pembinaan dan pengembangan minbat terhadap kemajuan teknologi dengan keimanan dan ketaqwaan.
b. Memupuk dan mengembangkan rasa cinta dan setia kepada tanah air dan bangsa.
c. Memupuk dan mengemabangkan pesatuan dan kebangsaan.
d. Memupuk dan mengembangkan persaudaraan dan persahabatan baik nasional maupun internasional.
e. Menumbuhkembangkan pad anggota rasa percaya diri, sikap dan perilaku yang kreatif dan inovatif, rasa tanggungjawab dan disiplin.
f. Menumbuhkermbangkan jiwa dan sikap kewirausahaan
g. Memupuk dan mengembangkan kepemimpinan
h. Membina dan melatih jasmani, panca indera, daya piker, penelitian,kemandirian dan sikap otonom, keterampilan dan hasta karya.
Upaya dan usaha untuk mencapai tujuan itu diarahkan pada pembinaan watak, mental, emosional, jasamani dan bakat serta penignkatan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, ilmu pengetahuan dan teknologi, keterampilan dan kecakapan melalui berbagai kegitan kepramukaan

a. Kepramukan ialah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukkan watak.
b. Menyelenggarakan dan berpartisipasi dalam pertemuan dan perkemahan baik local, nasional maupun internasional untuk memupuik rasa persahabatan, persaudaraan dan perdamaian.
c. Menyelenggarakan kegaiatan bakti masyarakat dan ekspedisi
d. Mengadakan kemitraan, kerjasama dengan organisasi kepemudaan lain untuk memupuk dan mengembangkan semangat kepeloporan dan pengabdian pada mayarakat baik local, nasional maupun internasional
e. Mengadakan kerjasma baik dengan instansi pemerintah maupun swasta untuk berpartisipasi dalam pembangunan nasional.
f. Memasyarakatkan Gerakan Pramuka dan Kepramukaan khususnya dikalangan kaum muda.
Jadi jelasnya Misi Kepramukaan adalah turut menyumbangpada pendidikan kaum muda melalui suatu system nilai yang didasarkan pada Satya dan Darma Pramuka guna membantu membangun dunia yang lebih baik, di mana orang-orangnya adalah pribadi yang dirinya telah berkembang sepenuhnya dan memainkan peran konstruktif di dalam masyarakat (World Scout Conference, Durban-Afrika Selatan, 1999).
Strategi atau langkah-langkah yang diperlukan dalam mencapai tujuan dan cita-cita Gerakan Pramuka adalah sebagai berikut :
1) “Mission Statement” dilaksanakan dalam bentuk “action” guna mencapai visi yang telah ditetapkan untuk kurun waktu beberapa tahun mendatang dengan memperhatikan pengembangan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam (SDM – SDA).
2) “Lima Tantangan” yang harus ditanggapi :
a. Pembekalan nilai kepada anggota muda.
Perkembangan lingkungan menunjukkan kecenderungan semakin meningkatnya ancaman yang berdampak negative pada generasi muda Indonesia. Pembekalan nilai-nilai kehidupan akhlak, watak dan disiplin yang dapat merupakan perlindungan dan ketahanan dirinya perlu lebih diperhatikan dan ditingkatkan
b. Memenuhi kebutuhan Pembina-pembina mahir.
Menghadapi permasalahan berat dalam perkembangan lingkungan strategic yang akan datang , tampaklah betapa pentingnya peran dan tugas Pembina-pembina Pramuka yang berkualifikasi tepat, berkomitmen kuat akan tugasnya dan berkemauan untuk mengembangkan kecakapan, keterampilan serta sikap yang dituntut oleh fungsinya.

c. Organisasi Gerakan Pramuka yang lebih baik.
Pengembangan kelembagaan struktur organisasi dan sistem-sistem yang lebih efektif, ramping dan sederhana, yang dapat disesuaikan dengan kondisi daerah yang masing-masing sangat bervariasi dalam hal bentuk geografis wilayah, prasarana dan sarana serta penyebaran kepadatan penduduknya.
d. Kemandirian dana
Mengupayakan kemandirian dalam hal pendanaan guna mendukung program dan kegiatan Gerakan Pramuka.
e. Pramuka sebagai perekat bangsa
Adalah aspirsai dan harapan bangsa bahwa dalam keadaan krisis yang dihadapi bangsa Indonesia, Pramuka Indonesia dapat menjadi perekat bangsa yang dapat turut menyelamatkan bangsa dari perpecahan dan disintegrasi Negara kesatuan republic Indonesia.
3) Tercapainya sasaran Strategik Gerakan Pramuka.
a. Umum.
Gerakan Pramuka yang membuktikan benar-benar dapat menyelenggarakan misi kepramukaan dan diakui sebagai gertakan pendidikan non formal utama yang kreatif, sukarela, non politik, terbuka dan menjangkau seluruh pelosok nusantara yang mampu menjadi salah satu kekuatan perubahan social dan memelihara kesatuan bangsa
b. Khusus
Apabila semua kekurangan dan kelemahan yang diidentifikasi, berhasil diatasi, maka :
- Anggota Pramuka Indonesia tampil dan berperilaku di masyarakat, sesuai jati diri seorang pandu ibu petiwi
- Gudep semakin mantap melaksanakan kegiatan sesuai program kegiatan peserta didik dengan tunmtunan Pembina-pembina pramuka mahir.
- Saka semakin mantap melaksanakan kegiatan peningkatan keterampilan dan bakti dalam mempersiapkan diri untuk peran konstruktif dalam masyarakat. Anggota muda Pramuka memiliki ketahanan menghadapi ancaman yang menghadangnya, berkat pembekalan iman dan taqwa, nilai-nilai kehidupan, akhlak, watak dan disiplin.
- Kwarcab telah mapan dan berdaya menjalankan fungsinya sebagai ujung tombak pembinaan kepramukaan dan sebagai pangkal administrasi kwartir
- Organisasi ramping dan fleksibel, yang tanggap dan efektif dalam kondisi geografi, demografi, budaya, sarana dan prasarana daerah yang sangat beragam
- Sumberdaya keuangan lebih mandiri yang mampu mendukung kegiatan-kegiatannya.
Program-program aksi Pramuka berskala nasional yang merintis, memberi tauladan dan menyertakan rakyat dalam hidup berwawasan kebangsanaan, persatuan, perdamaian, pembangunan dan lingkungan hidup.
- Gerakan Pramuka sebagai bagian dari Gerakan global, memberikan kontribusi nyata dalam membangun suatu dunia yang lebihj baik
4) Menentukan program-program prioritas dan sasaran-sasarannya
a. Program prioritas Pembinaan Anggota Muda
b. Program Prioritas Pembinaan Anggota Dewasa
c. Program Prioritas Kehumasan dan Komuniksi
d. Program Prioritas Administrasi dan Manajemen
e. Program Prioritas Sumberdaya Keuangan.


Title: VISI, MISI DAN STRATEGI GERAKAN PRAMUKA; Written by Jaka Fadrika; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar: