adsense1

Tips dan trik Menguasai Morse dengan Cepat

Pramuka dituntut untuk mempunyai kecakapan dalam menguasai Morse, bahkan morse menjadi salah satu syarat dalam kecakapan umum maupun khusus yang harus dikuasai. fakta dilapangan banyak yang kesulitan dalam menguasai atau menghapal morse.

disini saya akan berbagi salah satu trik yang mudah dalam menguasai morse. metode tersebut adalah dengan diagram morse seperti gambar di bawah ini. 


Bagaimana cara mempelajarinya, berikut saya jelaskan petunjuknya.
  1. Gambar di atas terbagi menjadi dua bagian, kanan, dan kiri.
  2. Cara membacanya dari atas ke bawah.
  3. Blok putih menunjukkan kode titik (  .  ) dan blok hitam kode strip (  -  ).
  4. Contoh sebelah kiri: Jika isyarat menunjukan satu kali putih sama dengan satu kali titik artinya huruf E.
  5. Ingat blok sebelah kiri selalu diawali dengan blok Titik ( Putih ) dan blok kanan selalu diawali dengan blok strip ( Hitam )
Contoh :
  1. misalnya kita mau mencari huruf dengan kode -.- (Strip, Titik, Strip) caranya, Cari warna hitam turun ke bawah terus cari warna putih dan turun ke bawah cari warna hitam maka akan di dapat Huruf R
  2. Kita mau mencari morse untuk huruf H, caranya berarti kita cari huruf H (Huruf H berada pada warna putih, kemudian naik lagi ke atas kita dapat warna putih, naik lagi ke atas, kita dapat warna putih, naik lagi ke atas kita dapat warna putih) berarti huruf H itu kode morsenya Putih (dibaca:titik), Putih(dibaca:titik), Putih (dibaca:titik), Putih (dibaca:titik) jadi H = . . . .
Post a Comment

adsense3

Sobat Scout Moslem's

Jaka Fadrika (Scout_Moslem). Powered by Blogger.