adsense1

Laporan Pengujian SKK Gerakjalan Tk. Madya

Salam Pramuka!

Pengujian SKK adalah salah satu kegiatan yang diamanatkan dalam Prinsip & Metode Pendidikan Kepramukaan, oleh karena itu kami mencoba untuk melaksanakan kegiatan tersebut.
Alhamdulillah pada tanggal 30 Desember 2008 s.d. 01 Januari 2009, kami berhasil melaksanakan Kegiatan Pengujian SKK Gerak jalan tk. Madya dengan route Rengasdengklok - Pantai Tanjung Pakis, adapun jarak dari Rengasdengklok - Pantai Tanjung Pakis adalah 50 KM.

waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan perjalanan / tugas tersebut ialah 2 hari. sepanjang perjalanan kami ditugaskan oleh pembina untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan/pertolongan dan singgah ke kantor-kantor instansi seperti kantor Kep. Desa, Kantor Kapolsek, Kantor koramil, Puskesmas, Kantor Kecamatan, dll.

Kami berangkat dari Rengasdengklok pada Tanggal 30 Desember 2008, pukul 13.00 dengan membawa perbekalan seadanya dan tanpa membawa peralatan masak serta tidur. Kami berjalan dengan penuh semangat walaupun jarak puluhan kilo meter menanti kami.
pada pukul 17.30 kami berhasil sampai di Desa Kuta Ampel Kecamatan Batujaya dan beristirahat di Hotel Islam (Mesjid).

Tanggal 31 Desember 2008 jam 06.00 kami melanjutkan perjalanan menuju pantai Tanjung Pakis. hari kedua kami mulai kehilangan semangat, perubahan fisikpun terlihat, wajah pucat, kaki lecet, badan lemas, dan kepala yang pusing karena kecapaian / terik matahari tetapi hal tersebut tidak menyurutkan kami untuk mencoba dan terus berjuang menggapai TKK Gerak Jalan Tk. Madya. Akhirnya kami berhasil dan tiba di Pantai Tanjung Pakis pada Tanggal 31 Desember 2008, pukul 17.45 WIB.

Ba'da Shalat isya kami bertujuh (dua orang pembina) beristirahat di Musholla. Seklipun suasana pantai yang indah dan ramai, kami tidak tertarik untuk berkunjung ke pantai dan melihat Pesta Kembang Api, yang kami inginkan pada waktu itu ialah istirahat.

Tanggal 01 Januari 2009, kami mengobati kelelahan kami dengan berkunjung ke pantai, dan disana kami mencoba untuk mengumpulkan hewan laut untuk dibawa k rumah, mulai dari bintang laut, kerang laut, dsb. Pukul. 09.30 kami kembali ke musholla, untuk mempersiapkan Pulang. Kami mengira bahwa perjalanan pulang akan menggunakan kendaraan, tetapi dikarenakan di lokasi pantai tersebut tidak ada kendaaraan umum, kami terpaksa berjalan kaki lagi sejauh 10 KM. akhirnya setelah kami sangat lelah dan tidak lagi ada semangat untuk berjalan kaki, akhirnya Allah memberikan pertolongan kepada kami pada Pukul 12.30 WIB, ada seorang yng berbaik hati yang mengizinkan kami untuk menumpang ke kendaraannya (mobil Colt Buntung). Luar Biasa, sepanjang perjalanan pulang kami tidak habis-habisnya menyukuri apa yang kami rasakan selama 3 hari perjalanan tersebut.

Alhamdulillah selama perjalanan tersebut kami tidak hanya berjalan kaki, tetapi kami dapat membantu masyarakat (Bakti Sosial). Hari pertama (30 Desember 2008) pukul 15.00 kami membantu masyarakat yang akan membangun rumah, dengan cara ikut membantu mendorong roda yang berisi kayu & papan serta menurunkannya, kami tidak meminta imbalan sedikitpun tetapi, karena yang punya rumah baik hati akhirnya kami diberi air minum. Hari Kedua (31 Desember 2008) pukul 07.30 kami mendapat tugas dari Kantor PLN untuk ikut mensosialisasikan program hemat energi dan pembayaran listrik tepat waktu kepada masyarakat yang kami lewati.

Mungkin hanya itu yang bisa saya laporkan selaku Ketua Tim Perjalanan Ekspedisi dan Pengujian SKK Gerakjalan Tk. Madya, sebenarnya masih banyak hal-hal / pengalaman yang ingin saya sampaikan. tetapi karena hal-hal tertentu saya rasa cukup.

Salam Pramuka
Post a Comment

adsense3

Sobat Scout Moslem's

Jaka Fadrika (Scout_Moslem). Powered by Blogger.