adsense1

Aku untuk Negeriku

Assalamu'alaikum wr. wb.

Indonesia adalah negeri yang kaya, mulai dari Sumberdaya Manusia, Sumberdaya Alam, bahkan hingga bahasa, suku, budaya yang beraneka ragam. tetapi ironis, sekali melihat perkembangan yang terjadi di Negara Indonesia akhir-akhir ini. Kelaparan, kemiskinan, kebodohan, keterpurukan, kejahatan, korupsi, mewarnai pemandangan sepintas Wajah Indonesia.

Apa yang terjadi, Salah siapa, harus bagaimana, janganlah menjadi pertanyaan tentang semua yang terjadi di Indonesia. Tetapi yang harus kita pertanyakan adalah, apa yang telah kita lakukan untuk Negeriku tercinta Indonesia Raya.

Pertanyaan tersebut, terkadang mampir di kedua telingaku, hingga qolbu, dan pikiran, sehingga terus berpikir apa yang bisa saya lakukan untuk Indonesia Raya. Jadi Anggota Dewan takut Korupsi, Jadi Menteri Gak da yang ngajak, Apalagi Jadi Presiden Jauhhhhh.

Akhirnya ku temukan jawaban, untuk memberikan sesuatu yang berarti buat Indonesia Raya, tidak perlu jadi Presiden, Menteri Anggota Dewan, TNI, Polri, tetapi cukup dengan aktifitas yang sekarang ku lakukan yaitu jadi Pembina Pramuka.

Mengapa menjadi pembina pramuka bisa memberikan sesuatu yang berarti terhadap Indonesia. Hanya satu jawaban, yaitu: hanya dengan menjadi anggota pramuka aku bisa merubah/membentuk budaya hidup anak-anak remaja yang gemar Narkoba, hanya dengan Pramuka ku bisa membentuk anak-anak/remaja yang memiliki mental pemimpin yang baik.

Ini bukan opini saja, sudah banyak fakta yang membuktikan bahwa dengan menjadi anggota pramuka bisa menyelamatkan bangsa. Saya teringat pada suatu waktu, tepatnya ketika latihan Pramuka, saya sempat memberikan amanat kepada adik-adik saya Anggota Pramuka SMP Islam Rengasdengklok, dan bunyinya adalah sebagai berikut:

........... Adik-adiku anggota Pramuka, Hiduplah dengan sesuatu yang berguna, dan Jangan hidup apabila tidak berguna, Manusia dilahirkan tidak untuk membawa kerusakan, kebodohan, kejahatan, kejelekkan. Oleh karena itu kita sebagai anggota pramuka harus mempunyai guna, baik untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat dan Negara. Apa yang bisa kita lakukan untuk mendayagunakan diri kita? (seorang anggota bertanya). Kemudian akupun menjawab, Adik-adikku yang harus kita lakukan untuk mendayagunakan diri kita adalah, sbb:
1. Awali semua aktifitas dengan berdo'a (untuk muslim baca Basmalah)
2. Kerjakan sesuatu yang bisa kita kerjakan, dan jangan mudah putus asa dalam pekerjaan itu
3. Jangan pernah menganggap sesuatu itu mudah (Sepele).
4. Simpati dan Empati harus dimiliki
5. Takutlah akan siksa Allah swt.
6. Lakukan sesuatu dengan ikhlas tanpa pamrih.
7. Serahkan semua urusan kita terhadap pencipta.
8. Realisasikan Kode Kehormatan Gerakan Pramuka yaitu Trisatya dan Dasa Dharma.

Itulah kata-kata yang sempat terucap, dan hal yang akan ku lakukan untuk negeriku saat ini Melakukan aktifitas sehari-hari dengan, ikhlas dan tawwakal kepada Allah, adapun aktifitas itu antara lain:
1. Semangat dalam membimbing anggota pramuka sehingga menjadi pemuda yang kuat mental, fisik dan spritual. Karena di tangan pemudalah masa depan bangsa.
2. Mengisi waktu luang/libur dengan kegiatan bermanfa'at bersama para anggota pramuka. seperti Pengujian SKK Gerak Jalan, Persami Trilogi, Dian Pinru, Gladi Patriot. Sehingga para pemuda (Anggota pramuka) tidak akan terlibat dalam kegiatan yang tidak berguna seperti Narkoba, Kenakalan Remaja, dsb.
3. Selalu mengkampanyekan, "Apa yang telah saya lakukan hari ini" kepada anggota pramuka. sehingga para anggota pramuka termotifasi untuk mengisi hari-hari dengan sesuatu yang berdaya guna.
4. Mendo'akan negeri tercinta, semoga menjadi negeri yang Baik (Thayibatun Warabbun Ghafur) ketika selesai Shalat.
5. Bertawwakal, menyerahkan semua yang saya lakukan kepada Allah.

Mungkin hanya hal-hal tersebut yang bisa saya lakukan untuk Indonesia, walaupun kecil dan tak berarti dibandingkan dengan Presiden, Menteri, Anggota Dewan, Polisi, TNI, dll. Tapi saya yakin dan bertawakal. Semoga dengan Pengemblengan, Pembinaan, pembimbingan yang telah saya lakukan terhadap para anggota pramuka menghasilkan calon-calon pemimpin di hari yang akan datang, dan para pemuda yang bermanfaat bagi diri sendiri, Keluarga, Masyarakat, dan mudah-mudahan bagi Negeri Indonesia tercinta. karena sebagaimana yang dikatakan oleh orang-orang Bijak, bahwa Pemuda hari ini adalah Pemimpin di Masa Depan.

Semoga bermanfaat, Wallahu 'alam. dan menjadi bagian terkecil bagi perbaikan bangsa.
Akhirul Kalam Wassalamu'alaikum wr.wb.
Post a Comment

adsense3

Sobat Scout Moslem's

Jaka Fadrika (Scout_Moslem). Powered by Blogger.