adsense1

Outdoor Activity

Salam Pramuka,

Artikel yang saya posting kali ini yaitu mengenai salah satu Kegiatan/Prodik "Scout Moslem" yang pelaksanaannya yang dilaksanakan di Perkebunan Bojong Karya (Kalimati) pada Hari Sabtu Tanggal 14 Maret 2009.

Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu tantangan Gerakan Pramuka pada era ini adalah Gerakan Pramuka kurang diminati oleh para pemuda dan pelajar, hal itu dikarenakan kegiatan yang dilaksanakan oleh para Pembina/Pengurus Gugusdepan terkadang menjemukan dan monoton, kegiatan difokuskan di dalam kelas saja, dan materi yang diberikan terkadang berulang atau cara penyajian materi yang kurang memuaskan anggota pramuka, sehingga satu demi satu anggota pramuka berguguran satu demi satu (keluar/pindah ke ekskul lain).

Tantangan tersebut kami sadari betul sehingga dalam me
mbuat Prodik kami selalu menyisipkan Outdoor Activity. Salah satu kegiatan yang kami laksanakan adalah Pembekalan Materi Pengujian SKK yang dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2009 bertempat di Perkebunan Kalimati Bitex/Cikelor Dusun Bojongkarya DesaRengasdengklok Selatan Kecamatan Rengasdengklok.

Seperti yang telah direncanakan sebelumnya, setelah Jam terakhir Pelajaran (12.10 WIB) Scout's Moslem Gudep 10103-10104 Pangkalan SMP Islam Rengasdengklok yang dipimpin Oleh Kak Cahya dan Kak Lena menuju ke Mesjid untuk melaksanakan Sholat Dzuhur Berjama'ah, kemudian (12.40) melanjutkan perjalanan menuju perkebunan dengan jalan kaki dan jarak antara perkebunan dengan Scout's Moslem Camp hanya 1 KM. Setibanya di perkebunan tersebut (13.00) Scout's Moslem melaksanakan Upacara Pembukaan Latihan dan yang menjadi Pembinan Upacara waktu itu ialah Kak Ade Irawan (Pembantu Pembina). Seperti yang telah dijelaskan oleh Kak Jaka pada Sabtu (07 Maret 2009) Scout's Moslem diinstrusikan untuk Mencari jawaban SKK Juru Kebun tingkat Purwa (point a dan c) dengan metode interview kepada para petani dan observasi di perkebunan bojongkarya.

Scout'moslem dibagi menjadi regu-regu kecil masing-masing regu berjumlah 4 orang. Kegiatan ini diikuti oleh Anggota Dewan Penggalang berjumlah 20 Orang. ada beberapa hal menurut scout's moslem yang menarik diantaranya menurut Wakil Pratama Putri ketika regunya mencoba menanam bibit kacang polong, dan ketika mencoba menggunakan pestisda hal itu belum pernah mereka lakukan sebelumnya. masih banyak lagi peristiwa yang menggembirakan

diantaranya ada salah satu regu yang terlalu bersemangat tetapi yang dia dapat bukan jawaban melainkan tertawaan karena merka terperosok ke salah satu kebun petani. sedangkan kegiatan pengujian SKK tersebut akan dilaksanakan 3 bulan setelah kegiatan tersebut. Rencana tindak lanjut dari kegiatan ini adalah para pramuka Gudep 10103 dan 10104 diinstrusikan untuk Menanam tanaman hias/sayuran/buah-buahan selama 3 bulan, serta akan melaksanakan nonton bareng Film Dokumenter "Tata Cara Pembuatan Pupuk Kompos". dan bagi siswa yang bisa menjelaskan/menjawab SKK Juru Kebun dn telh berhasil menanam dan merawat tanaman selama 3 bulan maka secara otomatis telah menyelesaikan SKK Juru Kebun dan berhak untuk menggunakan TKK Juru Kebun Tingkat Purwa.

Hal yang membuat saya bangga adalah mereka tetap melaksanakan kegiatan pembekalan materi SKK Juru Kebun tersebut walaupun saya selaku pembina tidak hadir (dikarenakan mengikuti Kursus Mahir Dasar).

Tetap semangat dan teruslah berjuang Scout's Moslem yakinlah dengan Gerakan Pramuka akan membuat kita lebih dewasa dan berprilaku positif, jangan putus asa walaupun kita berada di bawah Gugusdepan-gugusdepan lain, tapi Kakak yakin kalianlah yang terbaik di Kwartir Cabang Karawang.

We Are Scout But Muslim.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat khususny bagi scout moslem umumnya bagi Gerakan Pramuka.
Salam Pramuka Tiga Jari dan Lima Jari
Post a Comment

adsense3

Sobat Scout Moslem's

Jaka Fadrika (Scout_Moslem). Powered by Blogger.