adsense1

Memaknai Maulid Nabi


Assalamu'alaikum wr. wb.
Salam Pramuka!

Walaupun telat moment, saya lebih baik memposting dari pada tidak!
kali ini yangsaya posting adalah makna maulid nabi untuk gerakan pramuka.




Rabiul 'awal kembali hadir di tengah-tengah kita, ada apa yng terjadi di Rabiul 'Awal, mungkin pertanyaan itu akan terlontardari kaum awam. 12 Rabiul Awal Tahun Gajah telah hadir seseorang laki-laki yang begitu mulia yang akan merobah kehidupan jhiliyah menjadi msa ilmiah! ya seorang Nabi yang terakhir, penutup segala nabi ! Ya Nabi Muhammad!.

Seorang Nabi yang tidak kenal lelah, tidak pernah putus asa dan tidak pernah takut, dengan kesabaran Ia menyiarkan agama islam dan menunjukan jalan yang lurus kepada umatnya! Subhanallah, Wal Hamdulillah Wala Ilaha Illallah Wallahu Akbar!

1430 Tahun berlalu dari msa Hijriah dan tepat pada hari Kemarin (12 Rabiul 'Awal) kita semua mengenang dan mengingat kelahirannya! tentu tidak akan ada artinya jika kita lalui Milad Nabi tanpa makna, hanya sekadar acaraserimonial atau rutinitas tahunan! Tapi terkadang kita tidak tahu, kita tidak paham, kita tidak mengerti Makna yang terkandung pada hari itu!

Maulid yang kita rayakan bukan hanya sekadar membaca berrjanji, tabligh akbar, dll. tapi lebih dari itu. Dengan Maulid Nabi seyogyanya kita mencoba untuk mencotoh akhlak nbi walaupun 0,0001%. dan marilah ita lanjutkan perjuang nabi muhammad menyiarkan Islam, karena kalau bukan kita siapa lagi? Maulid kita jadi bahan introspeksi Diri (Muhasabah maulid) bukan ajang menghibur diri (karena aktifitas rutin kita libur pada hari itu) Seyogyanya pada hari tersebut (Maulid Nabi) kita tundukan kepala dan merenung apa yang telah kita lakukan? apakah sesuai dengan syariat yang telah Nabi ajarkan? inilah sebenarnya makna Maulid Nabi (menurut saya)

Dengan Maulid Nabi Muhammad kita kembali bangun dan rajut tali persaudaraan sesama muslim sehingga kita semua bisa seperti umat-umat nabi terdahulu.

Mari kita jadikan Rabiul 'Awal dan Maulid Nabi Muhammad sebagai media untuk menanamkan Akhlakul Karimah Nabi Muhammad dalam diri kita.

Nah sekarang apa makna Maulid Nabi untuk anggota Pramuka?
1) Dengan Maulid Nabi, kita sebagai Pramuka harus selalu siap terhadap segala permasalahan yang kita hadapi; 2) Dengan maulid Nabi kita lanjutkan cita-cita beliau yaitu menjadikan pemuda sebagai harapan bangsa. 3) Dengan Maulid Nabi kita kembalikan Gerak Langkah Pramuka sehingga seirama dan sejalan dengan perjuangan dan cita-cita Bangsa.

Dan yang tidak kalah penting "Dengan Maulid Nabi, jiwa dan figur Nabi Muhammad ditanamkan kepada para pramuka dan mencontoh Nabi Muhammad yang benar-benar mempunyai jiwa pandu/pramuka murni yang telah memberikan tauladan baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, umatnya maupun pengabdian terhadap Khalik (Allah Swt.) dengan amanat setiap syiar islam harus tetap dipertahankan dan tetap kumandangkan Takbir. Allahu Akbar"

Itulah yang dapat saya sampaikan melalui blog yang tidak sempurna ini, jika ada kesalahan itu adalah murni karena kebodohan saya, dan jika ada sesuatu yang benar yakinlah itu dari Allah.
Semoga bermanfaat.
Akhirul Kalam
Wassalamu'alaikum wr.wb.

Salam Pramuka
Post a Comment

adsense3

Sobat Scout Moslem's

Jaka Fadrika (Scout_Moslem). Powered by Blogger.